Cara Bisnis Kayu di Batam

harga kayu di batam kayu di Batam merupakan bisnis yang tak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis pada umumnya. Selain menghasilkan keuntungan yang besar, bisnis yang satu ini juga memerlukan modal yang relatif kecil. Bagi Anda yang hendak menanamkan investasi permodalan serta bersifat aman, maka bisnis kayu Batam dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang berminat serta memiliki semangat tinggi untuk mulai terjun ke dalam dunia bisnis.
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis kayu di Batam, cara-cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini:

a. Tentukan Bahan Baku
Untuk menentukan bahan baku, terlebih dahulu Anda harus menentukan target pasar dari bisnis kayu di Batam yang Anda bangun. Misalnya, jika target pasar merupakan konsumen kelas menengah ke atas, maka bahan baku kayu harus berkualitas tinggi dan bertempat di tempat yang strategis. Namun sebaliknya, jika target pasar yang Anda miliki ialah konsumen kelas menengah ke bawah, maka gunakan kualitas kayu nomor 3 namun tetap bagus untuk dijadikan bahan dasar bangunan ataupun keperluan lainnya.

Terdapat tiga jenis bahan baku yang sering ditemukan di Indonesia, antara lain rotan, kayu, dan medium densitey fireboard. Ketiga bahan baku tersebut memiliki perbedaan yang jelas dari segi fisik. Kayu merupakan bahan baku yang paling diminati, selain memiliki sifat yang tahan lama, bahan baku yang satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Adapun rotan banyak diminati di pasar internasional, sehingga jika sudah di olah, rotan bisa memiliki harga selangit. Bahan baku terakhir ialah medium densitey fireboard yang merupakan kumpulan dari serbuk gergaji yang dilapisi lempengan kayu tipis, sehingga harganya relatif lebih murah.

b. Menentukan Tenaga Kerja
Ketika memulai bisnis kayu di Batam, Anda pasti memerlukan rekan untuk turut membantu pekerjaan Anda serta sebagai penunjang guna menyukseskan bisnis yang sedang Anda rintis. Berikanlah instruksi kepada para pekerja dengan jelas, lalu bagi lah job description yang juga jelas bagi tenaga kerja yang akan Anda pakai.

c. Bekerja Sama dengan Pemerintah
Semua jenis bisnis tidak akan mampu lepas dari peran pemerintah untuk melegalkan bisnis tersebut. Untuk mendirikan sebuah usaha, Anda memerlukan NPWP serta SIUP. Agar bisnis yang Anda kelola tidak mengalami hambatan, maka segeralah penuhi kewajiban Anda untuk mengurus kedua hal tersebut. Kerjasama lain juga bisa dilakukan selama menguntungkan kedua belah pihak dan tidak melanggar hukum yang berlaku.

d. Memberanikan Diri Untuk Mengekspor Kayu
Jika bisnis yang Anda kelola sudah mulai berjalan, jangan takut untuk memulai untuk mengekspor poduk kayu yang Anda jual. Akan tetapi lakukan lah perhitungan dengan matang, sehingga akan meminimalisasi hal hal buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *